Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR SHARE PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SDN INPRES SAMPAKA
Nama: NUR HALIFA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Nur Halifa, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share pada Materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas V SDN Inpres Sampaka. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Akina. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share pada materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas V SDN Inspres Sampaka? sedangkan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair Share pada materi Operasi Hitung Pecahan di Kelas V SDN Inpres Sampaka. Langkah-langkah think-pair share (1) Berpikir (Think), (2) Berpasangan (Pairing), dan (3) Berbagi (Share). Subjek penelitian siswa kelas V SDN Inpres Sampaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik kualitatif dan kuantitatif. Hasil tindakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 66,17% (cukup), hasil persentase observasi aktivitas siswa memperoleh persentase 58,82% (cukup), dan hasil analisis tes akhir memperoleh skor ketuntasan belajar klasikal yaitu 50% (cukup), dan pada siklus II hasil observasi aktivitas guru memperoleh persentase 94,11% (sangat baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase 92,64% (sangat baik), dan analisis hasit tes akhir memperoleh skor ketuntasan belajar klaskal yaitu 87,5% (sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang di tetapkan Sekolah SDN Inpres Sampaka yaitu 60 untuk ketuntasan belajar klasikal (KBK) yaitu 80%. Peningkatan hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes akhir di setiap akhir tindakan diperoleh berdasarkan perbaikan yang dilakukan pada siklus II. Berdasarkan Indikator kinerja maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Inpres Sampaka. Kata Kunci : Hasil belajar, Kooperatif Tipe Think-Pair Share dan Operasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up