Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN KONSEP, FAKTA, PRINSIP DAN KETERAMPILAN BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MEYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN PECAHAN CAMPURANPADA SISWA KELAS V SDN 5 PALU
Nama: ARIS ZEZZAR
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan berpikir tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal pembagian pecahan campuran pada kelas V SDN 5 Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualiatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 5 Palu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Tes digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan pokok bahasan pembagian pecahan, sedangkan wawancara digunakan untuk mengkonfirmasi kesalahan siswa secara lebih rinci. Tingkat kemampuan berpikir siswa dikelompokkan berdasarkan kesalahan yang dilakukan. Data yang digunakan adalah hasil tes diagnosis yang sudah dipersiapkan peneliti sebelumnya Analisis data yang dilakukan adalah analisis kesalah pada konsep, fakta, prinsip dan keterampilan dengan dasar langkah polya. Penelitian ini menggunakan triangulasi dengan metode dalam menguji validitasnya. Sumber data yang digunakan adalah hasil tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis tes tertulis dan wawancara, diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan berpikir tinggi, sedang, maupun rendah mempunyai jenis kesalahan yang hampir sama. Siswa kemampuan berpikir rendah melakukan kesalahan yang lebih spesifik daripada siswa dari tingkat kemampuan berpikir lainnya. Siswa dengan kemampuan berpikir sedang dan rendah memiliki kesulitan dalam memahami soal pembagian pecahan campuran. Kesulitan tersebut mengakibatkan siswa melakukan banyak kesalahan ketika diminta untuk menyelesaikan soal yang diberikan Kata kunci : pembagian pecahan, pecahan campuran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up