JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Pembelajaran PKn Di Kelas V SD Inpres 2 Nambaru |
Nama: NI KOMANG SUTRIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ni Komang Sutriani, (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran PKn di Kelas V SD Inpres 2 Nambaru. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Proses belajar dan pembelajaran yang kurang optimal sehingga hasil belajar yang di peroleh kurang maksimal, Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah. Kondisi yang sama juga terjadi pada siswa Kelas V di SD Inpres 2 Nambaru. Upaya yang bisa dilakukan adalah pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar PKn siswa, melihat manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata yang sesuai dengan pengalaman belajarnya dengan menggunakan media audio visual. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Inpres 2 Nambaru. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas V di SD Inpres 2 Nambaru berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar Observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 50,3% serta persentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 35,7%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase Daya Serap Klasikal (DSK) siswa sebesar 82,14% serta persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 89,28%. Berdasarkan persentase ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada DSK terjadi peningkatan sebesar 31,84?ri siklus I sebesar 50,3?n siklus II 82,14%. Begitu juga pada KBK terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 53,58?ri siklus I sebesar 35,7?n siklus II sebesar 89,28%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Inpres 2 Nambaru kelas V pada pembelajaran PKN. Kata Kunci: Media Audio Visual; Hasil Belajar; Pembelajaran PKn. |