JudulPENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 24 PALU |
Nama: MOH SALEH LANUBARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Moh Saleh Lanubari, 2024. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di kelas V SD Negeri 24 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini, S.Pd, M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di kelas V SD Negeri 24 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain Quasi Eksperimental Design. Subyek pada penelitian ini yaitu Siswa kelas V SD Negeri 24 Palu yang berjumlah 38 0rang. Siswa kelas Eksperimen berjumlah 19 orang dan siswa kelas Kontrol berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrument test yaitu soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya, dan analisis data menggunakan Uji Prasyarat yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan Uji Independen Sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS For Windows. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukan pengaruh signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artimya Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi berpengaruh digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar siswa di kelas V SD Negeri 24 Palu. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Siswa |