Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MATERI BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 6 RIO PAKAVA
Nama: NI WAYAN EVI RUSPINI
Tahun: 2022
Abstrak
Ni Wayan Evi Ruspini, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Materi Bunyi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 6 Rio Pakava. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini, S. Pd., M. Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audiom visual materi bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 6 Rio Pakava. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi eksperimen research dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV B SDN 6 Rio Pakava yang berjumlah 40 orang. Siswa kelas Eksperimen atau kelas IV A berjumlah 20 orang dan kelas kontrol atau kelas IV B berjumlah 20 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan intrumen penelitian berupa tes. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test berbantuan program aplikasi IBM SPSS statistik versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0,035 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual materi bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 6 Rio Pakava. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio Visual, Materi Bunyi, Hasil Belajar Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up