JudulPENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN KOFALAGADI |
Nama: INTAN RAMADHAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Intan Ramadhan (2022), Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA kelas IV di SDN Kofalagadi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N Kaharu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Kofalagadi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa dalam satu kelas. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen, Dengan desain Pre-Experimental Designs menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan (observasi), tes (pre-test dan post-test), angket media, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata yaitu 68 dari pada sebelum diberikan perlakuan dengan nilai rata-rata yaitu 55. Setelah dilakukan uji hipotetsis menggunakan uji wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2,52 dan Ztabel sebesar 8 pada taraf signifikan 5% (0,05). Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. Oleh karena itu, hasil akhir menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar, dengan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN kofalagadi pada mata pelajaran IPA materi tumbuhan padi. Kata kunci: Media animasi, hasil belajar, IPA |