JudulPENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS III DI SDN 12 PALU |
Nama: MASFUFAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak Masfufah, 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berupa Animasi Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas III di SDN 12 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraini, S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berupa Animasi komputer terhadap hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda pada siswa kelas III di SDN 12 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 12 Palu. Siswa kelas eksperimen berjumlah 15 orang dan siswa kelas kontrol juga berjumlah 15 orang . Pengambilan data yang dilakukan menggunakan Instrumen penelitian berupa Tes, dan Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test yang dianalisis mengunakan program aplikasi IMB SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukan nilai signifikan 0,017 > 0,05 maka menerima hipotesis Ho dan menolak Ha, artinya media pembelajaran berupa Animasi komputer ditolak. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Media pembelajaran media Animasi Komputer tidak memberikan pengaruh secara Signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 12 Palu. |