JudulPENGARUH PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MODUL PRAKTIKUM DILAN PADA MATERI PANAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BUMI SAGU |
Nama: ANDI FIQHI OPHELIA SAWITARA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Andi Fiqhi Ophelia Sawitara, 2022. Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Modul Praktikum Dilan Pada Materi Panas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbantuan modul praktikum dilan pada materi panas terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi expserimental dengan desain Quasi expserimental design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 38 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 19 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrument test yaitu soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reabilitasnya, dan analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS For Windows. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukan pengaruh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artinya modul praktikum dilan berpengaruh digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh pembelajaran daring berbantuan modul pratikum Dilan pada materi panas terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bumi Sagu. Kata kunci : Pembelajaran daring, Modul praktikum Dilan, Materi panas, Hasil belajar siswa |