JudulHUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 SIDOLE |
Nama: MOH.HIFZIL MUBARAK |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Moh.Hifzil mubarak 2021. Hubungan Antara Penggunaan Fasilitas Belajar di rumah dengan Motivasi Belajar siswa Kelas V di SD Inpres 2 Sidole. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Berdasarkan hasil perhitungan angka kasar yang telah dilakukan, diperoleh nilai r hitung sebesar 0.562. selanjutnya untuk menentukan apakah hipotesis diterima atau ditolak, maka dikonsultasikan pada tabel r product moment pada taraf signifikan 5% atau 0.05 yaitu n = 32 maka diperoleh rtabel 0,349. Dengan demikian karena rhitung >rtabel yang artinya Ho ditolak (Ha diterima) sehingga ada hubungan antara penggunaan fasilitas di rumah dengan motivasi belajar siswa kelas V di SD Inpres 2 Sidole. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan fasilitas belajar di rumah memang dapat berpengaruh dengan motivasi belajar maka, diperlukan fasilitas belajar terutama fasilitas belajar yang ada di rumah untuk memudahkan siswa belajar. Tanpa fasilitas yang memadai siswa tidak dapat semaksimal mungkin, siswa tidak mungkin dapat belajar dengan tenang dan penuh konsentrasi. Siswa akan rajin belajar jika fasilitas belajar yang teersedia sesuai dengan kebutuhannya, sedangkan siswa yang memiliki motivasi besar dalam dirinya maka dia akan giat berusaha, tidak gampang menyerah serta siswa itu giat untuk belajar Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar |