JudulPENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN INPRES INTI LEBO |
Nama: MOHAMAD DIDIT ADITYAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Mohamad Didit Adityah (2022), Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN Inpres Inti Lebo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N Kaharu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terahdap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN Inpres Inti Lebo. Masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh multimedia interaktif pada pembelajaran IPA terahadap hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa dalam satu kelas. Penelitian ini berjenis eksperiment, dengan menggunakan rancangan One Grup Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dengan menggunakan obeservasi (pengamatan), test pilihan ganda (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini setelah diberikan perlakuan memiliki kenaikan persentase 64?ri nilai rata-rata siswa, pada saat pre-test adalah 4 dan setelah diberi perlakuan nilai rata-rata siswa adalah 7 (6,5). setelah diberikan uji hipotesis pada data yang didapatkan menggunakan uji Wicolxon dengan bantuan program komputer SPSS diperoleh nilai signifikan (0,01) yang mana lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05). Dengan demkian jika dilihat dari nilai rata-rata test siswa dan rendahnya hasil signifikansi dari tarah signifikan 5% maka hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum di beri perlakuan dan oleh karena itu juga H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan penggunaan multimedia interaktif memiliki pengaruh pada pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Inpres Inti Lebo. Kata Kunci : Mulitimedia, IPA, Pembelajaran |