JudulIMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL IHSAN |
Nama: HESTIANA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Hestiana, 2022. Implementasi pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Ihsan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn melalui Implementasi Model Pendekatan Kontekstual pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Ihsan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darul Ihsan yang berjumlah 19 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dari lembar aktivitas guru terlihat meningkat pada setiap tindakan. Pada tindakan pertama siklus I 59,26%, tindakan kedua siklus I 74,07%. Pada tindakan pertama siklus II 81,48% , dan tindakan kedua 96,29%. Sedangkan aktivitas siswa juga meningkat setiap tindakannya. Pada tindakan pertama siklus I 57,14%, tindakan kedua siklus I 67,85%. Pada tindakan pertama siklus II 75?n tindakan kedua siklus II 85,71%. Hasil belajar siswa pada siklus I pada ketuntasan belajar klasikal 63,15?n daya serap klasikal 65,26% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dimana ketuntasan belajar klasikalnya 78,94?n daya serap klasikal 77,36%. Kata kunci : Model Pendekatan Kontekstual, Hasil belajar PKn, Materi Keberagaman Suku dan Budaya. |