JudulPENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 3 BALAESANG TANJUNG |
Nama: MOH. FADHIL |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Balaesang Tanjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 3 Balaesang Tanjung yang berjumlah 24 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 12 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 12 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,001 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) berpengaruh digunakan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Balaesang Tanjung. Kata kunci : Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), Motivasi Belajar. |