JudulHUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 23 PALU |
Nama: IRA FARRA NURLAYLI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ira Farra Nurlayli 2022 : Hubungan Keterampilan Mengajar Guru TerhadapPrestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 23 Palu. Skripsi, Program Studi Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dosen Pembimbing : Rizal, S.Ag., M.Pd Penelitian ini dilaksanakan di SDN 23 Palu, Sulawesi Tengah. Permasalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 23 Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 23 Palu yang berjumlah 20 orang siswa dengan 4 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan sehingga pada penelitian ini memfokuskan untukmengetahui apakah ada hubungan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 23 Palu, Data yang telah dikumpulkan kemudian di analisis menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN 23 Palu. Hasil analisis data mengenai keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa, dimana rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu rhitung = 0,527 dibandingkan rtabel = 0, 468, yang artinya ada hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN 23 Palu. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, Prestasi Belajar |