JudulHUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 7 SINDUE |
Nama: TIA UTAMI |
Tahun: 2022 |
Abstrak TIA UTAMI. 2022. Hubungan Bimbingan Orang Tua Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 7 Sindue Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Setelah data normal dan linear kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bimbingan orang tua siswa kelas IV SDN 7 Sindue memiliki kategori baik dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 7 Sindue memiliki kategori baik, (2) besar koefisien korelasi (r hitung) yaitu 0,609 sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS masuk dalam kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa 61% hasil belajar IPS peserta didik dipengaruhi oleh bimbingan belajar orang tua, sedangkan 39% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: bimbingan belajar orang tua; hasil belajar IPS; IPS |