JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V B SD NEGERI MALAKOSA |
Nama: A.A. ERIKA YULIANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak A.A. Erika Yulianti, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN melalui Model Problem Based Learning di Kelas V B SD Negeri Malakosa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Permasalahan utama yang terjadi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V B SD Negeri Malakosa. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guna meningkatkan hasil belajar PKn siswa, melihat manfaat materi yang dipelajari dengan menghubungkannya dengan dunia nyata yang sesuai dengan pengalaman belajarnya, salah satunya model Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V B di SD Negeri Malakosa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas V B di SD Negeri Malakosa berjumlah 28 siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil analisis tes dilakukan pada siklus II, diketahui dari 28 orang siswa yang mengikuti tes hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,28%. Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu KBK lebih dari atau sama dengan 85%, sedangkan daya serap klasikal mencapai 71,25% yang juga telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu DSK lebih dari atau sama dengan 65%. Berikut ini adalah uraian peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I ketuntasan belajar klasikal 53,28% meningkat menjadi 89,28% pada tindakan siklus II serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 61,42% meningkat menjadi 71,25% pada siklus II pada proses pembelajaran PKn. Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Pembelajaran PKn. |