Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DI KELAS IV SD INPRES BALIASE
Nama: NUR ANDINI
Tahun: 2022
Abstrak
NUR ANDINI, 2021. Pengembangan Video Pembelajaran IPS pada Materi Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya di Kelas IV SD Inpres Baliase. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif materi keragaman kenampakan alam yang layak bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi Borg & Gall. Adapun tahapan tersebut yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal yang didalamnya meliputi validasi ahli materi dan validasi ahli media, uji coba awal, merevisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan, merevisi hasil uji coba lapangan, uji lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Baliase, dengan tiga tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba awal dengan 3 subjek, uji coba lapangan dengan 6 subjek, dan uji lapangan dengan 12 subjek. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, tampilan, dan aspek pemprograman, kualitas multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan dikategorikan “Layak”. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penilaian ahli materi tahap 1 memperoleh nilai 3,39 (Layak), ahli materi tahap 2 memperoleh nilai 4,22 (Layak), ahli materi tahap 3 memperoleh nilai 4,22 (Layak). Sementara hasil penilaian ahli media tahap 1 mendapat nilai 4,19 (Layak) dan penilaian tahap 2 mendapat nilai 4,40 (Layak). Kemudian hasil uji coba awal memperoleh nilai 85,71%, hasil uji coba lapangan mendapat nilai 88,09%, dan hasil uji lapangan mendapat nilai 92,85%. Dengan demikian, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas IV SD Inpres Baliase, dengan materi “Keragaman Kenampakan Alam” sudah layak digunakan oleh siswa SD Inpres Baliase sebagai salah satu sumber belajar baik secara individu maupun kelompok. Kata kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Kelas IV

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up