JudulPENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DIKELAS IV SDN 16 SIRENJA |
Nama: DEVI ANDRIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV dapat dikatakan rendah, dari 18 jumlah siswa hanya 8 orang siswa mendapatkan nilai di atas 65% atau dengan rata-rata persentase mencapai 44,44%. Pada ketuntasan belajar klasikal dan pada daya serap individu hanya mencapai persentase nilai rata-rata 53,33%, tentunya hal ini tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa, yaitu 65?n ketuntasan belajar klasikal 85%. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 16 Sirenja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan berakhir pada siklus II karena dinyatakan telah berhasil, dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 16 Sirenja berjumlah 18 siswa. Observasi siswa siklus I dikategorikan cukup karena persentasenya hanya mencapai 67,75%. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan persentase KBK sebesar 77,78?ngan siswa yang tuntas berjumlah 14 siswa dari 18 siswa. Kata Kunci : Penerapan model kooperatif tipe STAD hasil belajar IPS |