JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN INTI TONDO |
Nama: NI MADE BUDI KARIANI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ni Made Budi Kariani, 2022. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Inti Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Inti Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tondo yang berjumlah 38 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 18 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda. Adapun analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sampel T-Test berbantuan program SPSS Statistics versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan nilai signifikan 0,042 < 0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artinya media pembelajaran video berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tondo. Kata kunci : Media Pembelajaran Video, Hasil Belajar Siswa, IPA |