Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MONOPOLI PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SDN 1 MOUTONG
Nama: RAHMATIKA
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada hasil belajar siswa di kelas VI SDN 1 Moutong yang masih rendah dan masih banyak siswa belum mencapai KKM pada pelajaran IPS. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan perbaikan dengan menerapkan media game monopoli pada pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berbentuk siklus dengan instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Moutong pada pelajaran IPS. Observasi data hasil tes awal menunjukkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 30, dari 20 siswa hanya 4 orang siswa yang dinyatakan tuntas secara individu, sehingga presentase ketuntasan klasikal mencapai 20% sedangkan nilai daya serap klasikal yang diperoleh yaitu sebesar 59%. Kemudian dilakukan tindakan siklus I hasil belajar siswa menunjukkan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55 dengan 10 orang siswa yang dinyatakan tuntas dari 20 orang siswa. Presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 50% sedangkan presentase daya serap klasikal sebesar 71%. Hasil penelitian ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada tindakan siklus II dengan presentase daya serap klasikal (DSK) mencapai 79?n ketuntasan belajar klasikal (KBK) sebesar 90?ngan 18 orang siswa yang tuntas dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dari 20 orang siswa. Artinya dapat disimpulkan bahwa penggunaan media game monopoli dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up