JudulPENGARUH PEMBELAJARAN LURING BERBANTUAN MODUL PRAKTIKUM DILAN PADA MATERI PANAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 1 UJUNA |
Nama: SITI FAJERIAH |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Siti Fjeriah, 2021. Pengaruh Pembelajaran Luring Berbantuan Modul Praktikum Dilan Pada Materi Panas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 1 Ujuna. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran luring berbantuan modul praktikum dilan pada materi panas terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Ujuna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi eksperimental dengan desain Quasi eksperimental design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres 1 Ujuna yang berjumlah 22 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 12 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 10 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan soal pilihan ganda, dan Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 16. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,001 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya modul praktikum dilan berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh saat menggunakan model pembelajaran luring berbantuan modul pratikum Dilan pada materi panas terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 1 Ujuna. Kata Kunci: Pembelajaran Luring, Modul Praktikum Dilan, Materi Panas, Hasil Belajar |