Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Modul Praktikum Discon Pada Materi Cahaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pembelajaran Luring Di Kelas IV SD Inpres 3 Tondo
Nama: LAELATUL HASANAH
Tahun: 2023
Abstrak
Laelatul Hasanah,2023. Perlu Praktikum Discon pada Materi Cahaya terhadap Motivasi Belajar Siswa saat Pembelajaran Luring di Kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si.,M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal praktikum discon pada materi cahaya terhadap motivasi belajar siswa saat pembelajaran luring di kelas IV SD press 3 Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode quasi experimental dengan desain quasi experimental design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres 3 Tondo yang berjumlah 45 orang siswa kelas eksperimen berjumlah 24 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 21 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, dan analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji dependen sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS statistics versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0,001< 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya modul praktikum discon berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model praktikum discon pada materi cahaya terhadap motivasi belajar siswa saat pembelajaran luring di kelas IV SD Inpres 3 Tondo. Kata Kunci: Pembelajaran Luring, Praktikum Discon, Materi Cahaya, Motivasi Belajar, Discovery Learning

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up