JudulUPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD INPRES DAMAI MAKMUR KAB. BANGGAI |
Nama: NI KOMANG RIYA KARLINA DEWI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ni Komang Riya Karlina Dewi, 2022. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Inpres Damai Makmur Kab. Banggai. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd. M.Sn Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Inpres Damai Makmur kab. Banggai. 2) Untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dalam proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Inpres Damai Makmur kab. Banggai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi wawancara, angket dan dokumentasi. 1) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Inpres Damai Makmur kab. Banggai adalah: 1) Guru memberikan remedial, Guru memberikan kegiatan pengayaan dan memberikan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. 2) Untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa dalam proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III SD Inpres Damai Makmur kab. Banggai adalah: 1) Faktor internal yang meliputi jasmani dan psikologis. 2) Faktor eksternal meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat. Adapun hasil dari analisis angket per indicator yaitu diketahui upaya guru dalam memberikan remedial di kelas III memiliki nilai presentase rata-rata sebesar 72, 13%, di dapatkan skor maksimal 750 dengan pencapaian kriteria dari 6 item yaitu “ Tinggi”. Kemudian diketahui dalam memberikan kegiatan pengayaan di kelas III memiliki nilai presentase rata-rata sebesar 69, 80%, di dapatkan skor maksimal 1000 dengan pencapaian kriteria dari 8 item yaitu “Tinggi”. Dan dalam memberikan sikap dan kebiasaan belajar yang baik di kelas III memiliki nilai presentase rata-rata sebesar 60, 45%, di dapatkan skor maksimal 2000 dengan pencapaian kriteria dari 16 item yaitu “Sedang”. Hasil analisis aspek kesulitan belajar denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah di kelas III memiliki nilai presentase aspek sebesar 66, 79?ngan pencapaian kriteria yaitu “Tinggi”. Kata kunci: Upaya Guru, Mengatasi Kesulitan Belajar, IPS |