JudulKeefektifan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Kreatif Siswa Kelas VB SD Integral Hidayatullah Tondo |
Nama: SITI RAHMAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Siti Rahmawati, 2022. Keefektifan kodel pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili terhadap Nilai Kreatif Siswa Kelas VB SD Integral Hidayatullah Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili terhadap nilai kreatif siswa kelas VB SD Integral Hidayatullah Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SD Integral Hidayatullah Tondo yang berjumlah 32 orang. Siswa kelas VA berjumlah 14 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VB berjumlah 18 orang sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, Analisis data menggunakan uji statistic nonparametrik menggunakan uji Wilcoxon berbantuan program SPSS Statistics versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Nobangan efektif digunakan dalam meningkatkan nilai kreatif siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili efektif digunakan terhadap nilai kreatif pada siswa kelas VB SD Integral Hidayatullah Tondo. Kata kunci: Model Pembelajaran Nobangan, Permainan Tradisional Suku Kaili, Nilai Kreatif |