JudulPERAN GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES MOUTONG TENGAH |
Nama: SITI MARWAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Siti Marwah, 2022. Peran Guru dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Inpres Moutong tengah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Berdasarkan wawancara kepada guru di SD Inpres Moutong tengah bahwa efektivitas belajar yang diberikan kepada siswa terlihat masih sangat kurang. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV masih rendah pula. Jika dipresentasikan rendahnya hasil belajar tersebut berkisar 65?ri jumlah siswa di kelas IV SD Inpres Moutong tengah. Sehingga ketuntasan belajar hanya mencapai 35% saja. Kedaan ini tentunya sangat memprihatinkan dan tentunya sangat jauh dari harapan ini akan berdampak pada hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran. tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran guru dalam proses belajar yang diberikan guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Moutong tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana penelitian ini yaitu penulis memberikan gambaran secara jelas dan rinci mengenai bagaimana bimbingan belajar tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Moutong tengah. Hasil dari 24 orang siswa terdapat 18 orang siswa atau 75% menyatakan sangat setuju, 3 orang siswa atau 12,505 menyatakan setuju dan terdapat 3 orang siswa atau 12,50% siswa menyataka kurang setuju bahwa guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memriksa dan menilai pekerjaan siswa setelah proses pembelajaran selesai. Namun walau terdapat presentase yang menyatakan kurang setuju, kriteria guru mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memriksa dan menilai pekerjaan siswa setelah proses pembelajaran selesai masuk dalam kategori baik sebab ada 21 orang siswa atau sebesar 87,50% menjawab atau merespon dengan positif hal atau butir angket ini pada mata pelajaran IPS SD Inpres Moutong tengah. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Guru. Pelajaran IPS. |