JudulPERAN GURU DALAM PEMBERIAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD INPRES LOBU GIO |
Nama: SRI YANA Y. HASIN PANGALE |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sri Yana Y. Hasin Pangale, 2022. Peran Guru dalam Pemberian Motivasi Siswa terhadap Hasil Pembelajaran IPS di Kelas V SD Inpres Lobu Gio. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Arif Firmansyah. Hasil observasi guru mengalami kesulitan melakukan motivasi belajar dengan situasi siswa yang mempunyai latar belakang berbeda-beda. Guru kelas V SD Inpres Lobu Gio menyadari bahwa perlunya memberikan motivasi siswa agar kemampuan serap materi dipahami dengan baik oleh siswa. Kemudian peneliti melakukan wawancara dengan berkunjung ke sekolah dan kerumah beberapa siswa, peneliti terlibat dalam pembicaraan mengenai apakah guru melakukan motivasi belajar pada saat proses pembelajaran dilaksanakan, jawabanpun beragam dari masi-masing siswa. Jenis penelitian deskriptif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik dokumentasi. Data terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik presentase. Hasil analisis deskriptif Kriteria peran guru klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 15 siswa atau 48,39% yang menyatakan peran guru dalam memotivasi di SD Inpres Lobu Gio cukup, 16 siswa atau 51,61% yang menyatakan peran guru dalam memotivasi kurang Sedangkan dari kriteria motivasi belajar siswa dapat dilihat dari klasifikasi pencapaian dimana dari 31 siswa yang menjadi responden terdapat 13 siswa atau 41,93% yang menyatakan hasil belajar siswa cukup dan 18 siswa atau 58,07% yang menyatakan motivasi hasil belajar siswa di SD Inpres Lobu Gio kurang. Kemudian Hasil analisis data mengenai hubungan antara peran guru dalam memotivasi terhadap hasil belajar siswa, di mana r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signifikan 95%, yaitu r hitung = 0,8873 di bandingkan r tabel = 0,355. Dengan demikian hipotesis penelitian ada hubungan antara peran guru dalam memotivasi terhadap hasil belajar siswa di SD Inpres Lobu Gio di terima atau besar kontribusi yang diberikan sebesar 78,73 %. Kata Kunci : Peran guru dalam Memotivasi terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V. |