JudulAnalisis Kesulitan Guru Kelas III Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di SDN 6 Tentena |
Nama: YENNI CAHYANI BONTINGE |
Tahun: 2023 |
Abstrak Yenni Cahyani Bontinge, 2022. "Analisis Kesulitan Guru Kelas III Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di SDN 6 Tentena". Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa, S.Pd,.M.Pd. Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kesulitan yang dialami guru kelas III dalam menerapkan pembelajaran tematik dikelas III SDN 6 Tentena. 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik dikelas III SDN 6 Tentena. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang di peroleh dari analisis kesulitan guru kelas III dalam menerapkan pembelajaran tematik di SDN 6 Tentena, dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran tematik itu di karenakan kesulitan guru dalam hal perencanaan dan proses penerapan pembelajaran. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan yang sering dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sebagai berikut 1) Guru mengalami kesulitan dalam memadukan mata pelajaran dalam pembelajaran tematik, 2) Guru mengalami kesulitan dalam mengalokasikan waktu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, 3) Guru mengalami kesulitan dikarenakan kehadiran siswa yang tidak stabil dan ketidak antusiasan siswa. 4) Guru mengalami kesulitan yang dikarenakan sarana dan prasarana yang kurang memadai, sehingga tidak dapat menunjang dengan baik proses pentransferan ilmu kepada siswa. Dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru ataupun pihak sekolah dalam mengatasi kesulitan guru dalam penerapan pembelajaran tematik adalah guru berupaya mengkomunikasikan kesulitan yang dialaminya kepada guru-guru sejawat lainnya secara terbuka, kepala sekolah sudah berupaya meningkatkan kualitas guru dengan mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, guru masih mengatasi sendiri hambatan yang ditemukannya dalam proses penerapan pembelajaran tematik, dan guru berupaya berkonsultasi dengan guru KKG. Kata Kunci : Kesulitan Guru, Pembelajaran Tematik |