JudulKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP NILAI KEAKTIFAN SISWA KELAS IV A SD INTEGRAL HIDAYATULLAH TONDO |
Nama: ABD RAHMAN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Abd Rahman, (2025). Keefektifan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Keaktifan Siswa Kelas IV A SD Integral Hidayatullah Tondo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Efektif Digunakan Untuk Meningkatkan Nilai Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Integral Hidayatullah Tondo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 18 orang siswa. Menggunakan jenis peneltian kuantitatif dengan model Quasi Eksperimen. Data dikumupulkan melalui observasi, angket, tes, dan dikomentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji deskriptif statistik dan teknik analisis infersensial berupa uji Pairaed Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest baik di kelas kontrol (p = 0,013 < 0,05) maupun kelas eksperimen (p = 0,000 < 0,05). Namun, peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci : Model pembelajaran Nobangan, Permainan Tradisional Suku Kaili, Nilai Keaktifan Siswa |