Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BAGI SISWA KELAS V SDN BULUPOUNTU JAYA
Nama: SULIS PERTIWI APRILIANI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Sulis Pertiwi Apriliani (2021). Meningkatkan hasil belajar ips menggunakan media gambar bagi siswa kelas V SDN Bulupountu Jaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode diskusi pada siswa kelas V SDN Bulupountu Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. hasil belajar siswa dari tindakan siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 54,16?n daya serap klasikal 60,41?n pada tindakan siklus II menjadi 87,5% tercapainya ketuntasan belajar klasikal dan 70,20 tercapainya daya serap klasikalnya. Merujuk pada hasil aktivitas siswa pada siklus I tindakan I mencapai 53,57?n pada tindakan II mencapai 71,42?ngan nilai rata-rata (NR) 62% kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada tindakan I mencapai 82,14?n pada tindakan II mencapai 92,85?ngan nilai rata-rata (NR) 87% kriteria baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I tindakan I mencapai 64,28?n pada tindakan II 75?ngan kriteria cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada tindakan I dengan persentase 85,71?n pada tindakan II mencapai 96,42?ngan kriteria sangat baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up