JudulPengaruh Pembelajaran Luring Berbantuan Modul Praktikum Serli Pada Materi Tata Surya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Lolu |
Nama: NUR RAHMA PUTRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nur Rahma Putri, 2021. Pengaruh Pembelajaran Luring Berbantuan Modul Praktikum Serli Pada Materi Tata Surya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Lolu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran luring berbantuan modul praktikum serli pada materi tata surya terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD Inpres Lolu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi exsperimental dengan desain Quasi exsperimental design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Inpres Lolu yang berjumlah 21 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 10 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, dan analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan paired sample T-Test 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya pembelajaran luring berbantuan modul praktikum serli pada materi tata surya berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD Inpres Lolu. Kata Kunci : Pembelajaran Luring, Modul Praktikum Serli, Materi Tata Surya, Motivasi Belajar |