JudulEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI PEMBAGIAN BILANGAN BULAT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI SD KRISTEN BALA KESELAMATAN PALU |
Nama: NATALIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Natalia, 2021. Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Materi Pembagian Bilangan Bulat terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufida, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran berbasis kontekstual materi pembagian bilangan bulat terhadap minat belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yang menggunakan modul pembelajaran berbasis kontekstual dan kelas kontrol yang menggunakan buku pelajaran matematika. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Kristen Bala Keselamatan Palu yang berjumlah 32 orang. Kelas eksperimen berjumlah 16 orang dan kelas kontrol berjumlah 16 orang. Berdasarkan hasil uji t menggunakan uji independen sample T test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,011 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan menerima hipotesis alternative (Ha). Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata dari kedua kelas tersebut diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 54.75 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 50.94. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan minat belajar siswa antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Maka dari itu, modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi pembagian bilangan bulat efektif digunakan terhadap minat belajar siswa. Kata kunci: modul pembelajaran berbasis kontekstual, minat belajar siswa. |