Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENANAMAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI GERAKAN LITERASI DI KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID-19 SD NEGERI 4 BASI
Nama: YUNI KARTIKA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Yuni Kartika , 2022. Penanaman Karakter Disiplin Melalui Gerakan Literasi di Kelas IV Pada Masa Pandemi Covid-19 SD Negeri 4 Basi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan model penanaman nilai-nilai karakter disiplin melalui Gerakan Literasi di kelas IV SD Negeri 4 Basi. 2) Mendeskripsikan strategi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Kelas IV untuk menanamkan karakter disiplin pada masa pandemi Covid-19 SD Negeri 4 Basi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)Model penanaman nilai-nilai karakter disiplin pada siswa melalui Gerakan Literasi di kelas IV SD Negeri 4 Basi adalah: model pembiasaan, model keteladanan dan partisipasi masyarakat 2) strategi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Kelas IV untuk menanamkan karakter disiplin pada masa pandemi Covid-19 SD Negeri 4 Basi diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan praktik literasi yaitu kegiatan membaca sebelum pembelajaran dimulai, melakukan kunjungan ke perpustakaan, membuat slogan-slogan ajakan membaca, serta kegiatan membaca di rumah. Kata kunci: Disiplin, Model, Strategi,Gerakan Literasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up