Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Pelawa
Nama: MELITA FILIANDINI
Tahun: 2023
Abstrak
Melita Filiandini, (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Pelawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Rizal, S.Ag., M.Pd. Penguji (I) Dr. Herlina, S.Pd., M.Pd. (II) Ryan Andhika Pratama, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran khususnya media gambar atau media animasi di SD Muhammadiyah Pelawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Pelawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design (The One Group Pretest-Postest Design). Subyek penelitian di SD Muhammadiyah Pelawa sebanyak 26 siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrumen penelitian pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapat perlakuan menunjukkan adanya pengaruh terhadap pembelajaran yaitu adanya perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest. Dari hasil penelitian diketahui nilai rata-rata pretest adalah 45 dan rata-rata posttest adalah 60. Dan berdasarkan pengujian hipotesis dengan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi hipotesis pengujian sebelum dan sesudah mendapat perlakuan adalah sig = 0,000. Nilai Sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada perbedaan hasil motivasi sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan. Kata Kunci : Media Animasi, Hasil Belajar Siswa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up