JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP NILAI KARAKTER JUJUR SISWA KELAS VI SD INPRES KECIL SALENA |
Nama: LINDA MEI WATINI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili terhadap Nilai karakter jujur siswa kelas VI SD Inpres Kecil Salena. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen menggunakan metodeQuasi ExperimentalDesigndengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah kelas VI SD Inpres Kecil Salena yang berjumlah 13 orang. Kelas eksperimen berjumlah 7 orang dan kelas kontrol berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan kuisioner nilai karakter jujur siswa. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Serta analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunkan Independent Sample T Test berbantuan IBM SPSS Versi 25.Berdasarkan hasil post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang memiliki perbedaan nilai yakni, pada kelas kontrol nilai rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 85,50 dan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test adalah sebesar 95,14. Sedangkan dalam uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test diperoleh nilai Signifikan < 0,05 yaitu (0,030 < 0,05) maka dalam uji hipotetis ini Ha diterima yakni Model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kailiefektif digunakan untuk meningkatkan nilai karakter jujur siswa Kelas VI SD InpresKecil Salena dan Hoditolak yakni Model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili tidak efektif terhadap nilai karakter jujur siswa Kelas VI SD InpresKecil Salena. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kailiefektif digunakan untuk meningkatkan nilai karakter jujur siswa Kelas VI SD InpresKecil Salena. |