JudulIMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI DIGITAL DALAM PENGGUNAAN APLIKASI BELAJAR RUANGGURU PADA SISWA KELAS V SDN 2 TAMBARANA |
Nama: NILUH CHINTIA KARLINA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Niluh Chintia K. 2022 “Implementasi Budaya Literasi Digital dalam Penggunaan Aplikasi Belajar Ruangguru Pada Siswa Kelas V SDN 2 Tambarana” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Pembimbing: Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd.,M.Sn. Kata kunci: aplikasi ruangguru, budaya literasi Skripsi ini membahas tentang implementasi budaya literasi digital dalam penggunaan aplikasi belajar Ruangguru di sekolah SDN 2 Tambarana pada siswa kelas V. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana implementasi budaya literasi digital dalam penggunaan aplikasi belajar Ruangguru di sekolah SDN 2 Tambarana di kelas V. Dalam konteks penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh melalui bahan-bahan tertulis dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan instrument dalam mengumpulkan data yakni: observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Implementasi literasi digital dapat dijadikan alternative pembelajaran yang menarik dengan menggunakan sumber digital. Literasi digital dapat dijadikan rujukan aktual untuk menunjang pembelajaran pada siswa kelas V. Penggunaan alat komunikasi bagi siswa dengan memperkenalkan aplikasi pembantu pembelajaran yaitu aplikasi ruangguru ini dapat dijadikan referensi oleh guru dan siswa dengan manfaat untuk mempermudah proses belajar mengajar, meningkatkan daya belajar, membuat suasana belajar, mengasah pengetahuan, membangun motivasi bagi guru lain untuk menggunakan aplikasi. Dengan harapan siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik dan mudah di cermati. Selain itu dapat juga menerapkan budaya literasi berbasis digital bagi siswa dalam mengikuti pembelajaran. |