JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE TANYA JAWAB KELAS V SDN BALANE |
Nama: NONI AURELIA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Noni Aurelia, 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Metode Tanya Jawab Kelas V SDN Balane”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag. M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengungkapkan penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS di SDN Balane. (2) mengetahui seberapa jauh keberhasilan pembelajaran IPS setelah diterapkannya metode tanya jawab pada siswa kelas V SDN Balane. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah kelas V SDN Balane. Data yang diperoleh berupa Pre Test dan Post Test. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81 dengan dengan N-Gain 0,59 (kategori sedang) pada siklus II lebih besar dari hasil siklus I dengan N-Gain 0,48. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Hasil belajar, Tanya Jawab , IPS |