JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS IV SDN NO 1 PEWUNU SKRIPSI NURHALIZA Diajukan Kepada Universitas Tadulako Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Menyelesaikan Sarjana Pendidikan Strata Satu Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi PGSD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: NURHALIZA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nurhaliza 2022, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN No 1 Pewunu. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal S.Ag., M.Pd. Hasil belajar merupakan sejumlah pengalaman yang diperoleh siswa mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Model pembelajaran Example Non Example merupakan model pembelajaran yang menggunakan contoh-contoh dengan media gambar dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara menganalisa gambar-gambar yang telah disediakan guru yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas IV SDN No 1 Pewunu. Jenis adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan satu kelas. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran (2x35) menit pada setiap tatap muka. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No 1 Pewunu dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 20 siswa. Model Example Non Example dapat meningkatkan akitivitas belajar siswa, dilihat dari rata-rata presentase aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 75,96 ?n pada siklus II meningkat 12,81% menjadi 88,77%. Hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama II siklus, dan berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: “Penggunaan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan peta dan komponennya siswa kelas IV SDN No 1 Pewunu. Kata kunci: hasil belajar, Example Non Example |