JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 9 RIO PAKAVA |
Nama: RISKY RAMADHANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Risky Ramadhani, (2024). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesi di SDN 9 Rio Pakava. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Herlina,S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah Untuk membuktikan adanya pengaruh media sosial faceebook terhadap prestasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 09 RIO PAKAVA Kec. Rio Pakava. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN 09 Rio Pakava yang berjumlah 13 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan kuisioner atau angket dan analisis data menggunakan uji prasyarat uji normalitas, uji validitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji t-score. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung < ttabel berdasarkan kelaziman data penelitian kuantitatif, jika thitung < ttabel maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini ditolak dan H0 diterima, atau dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SDN 9 Rio Pakava pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kata kunci : Media social facebook, Bahasa Indonesia, Hasil belajar siswa |