JudulHubungan Bimbingan Orang Tua Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V Di SDN Tindoli |
Nama: EVI YOSEVIN BALONGKA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Evi Yosevin Balongka, 2022. Hubungan Bimbingan Orang Tua Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V Di SDN Tindoli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan bimbingan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V di SDN Tindoli. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bimbingan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V di SDN Tindoli. Berdasarkan analisis data yang telah diuraikan dalam hasil penelitian, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa terdapat 15 orang tua siswa atau 77?ngan memiliki klasifikasi baik, sedangkan 15 siswa atau 75,3?ngan memiliki klasifikasi baik. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik analisis korelasi product moment tersebut, dari frekuensi penggunaan bimbingan orang tua dengan minat baca siswa diperoleh rhitung = 0,617. Hasil ini dikalkulasikan pada tabel nilai-nilai r product moment, dimana rtabel dengan jumlah sampel 15 orang dengan taraf signifikan 5% maka diperolah rtabel = 0,514. Hasil menunjukkan rhitung > rtabel atau 0,617 > 0,514 dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berbunyi ada hubungan bimbingan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V di SDN Tindoli dan hipotesis nol (Ho) ditolak yang berbunyi tidak ada hubungan bimbingan orang tua terhadap minat baca siswa kelas V di SDN Tindoli. Hal ini berarti ada hubungan antara bimbingan orang tua dengan minat baca siswa. Kata kunci : Bimbingan orang tua dan minat baca siswa |