JudulPEMANFAATAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 2 TOBOLI |
Nama: SRI YULIANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sri Yulianti, 2021 Pemanfaatan Media Sebagai Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Toboli. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd. Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Toboli mata pelajaran IPA tahun 2021. Salah satu faktor penyebab adalah media pembelajaran alat peraga yang digunakan guru belum maksimal dalam proses belajar mengajar. Untuk mengatasi permasalahn ini maka dalam penelitian ini menggunakan media sebagai alat peraga dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam ] dua siklus, dengan setiap siklus melalui 4 (empat) tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 2 Toboli Kecamatan Parigi Selatan dengan jumlah siswa 16 orang, 9 siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 66,19 dan daya serap klasikal 66,19% serta ketuntasan belajar klasikal 57,14%. Pada tindakan siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 71,43 dan daya serap klasikal 71,43% serta ketuntasan belajar klasikal 85,71%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata daya serap minimal 70?n ketuntasan klasikal memperoleh nilai minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap siswa dan ketuntasan klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulakan bahwa perbaikan pembelajaran mata pelajaran IPA pada materi strukrur bunga dan fungsi bunga melalui penggunaan media sebagai alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar dan Media Sebagai Alat Peraga |