Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIA DI SDN 4 SINDUE TOMBUSABORA
Nama: FIRGA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Firga, 2021. Hubungan Antara dukungan Orang Tua Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIA Di SDN 4 Sindue Tombusabora. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Azizah, S. Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIA di SDN 4 Sindue Tombusabora. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang terdiri dari 40 orang. Sampel dari penelitian adalah siswa kelas VIA yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan yaitu Random Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dukungan orang tua dan dokumentasi dari nilai rapor untuk mengetahui hubungan dukungan orang tua dengan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIA SDN 4 Sindue Tombusabora. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan dukungan orang tua dengan hasil belajar siswa berada pada kategori sedang pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu (0,551> 0,444) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIA di SD . Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up