Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 14 BUNGKU PADA MASA PANDEMI COVID-19
Nama: FISKA ARIYANTI
Tahun: 2021
Abstrak
Fiska Ariyanti, (2021), Hubungan Kreativitas Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDN 14 Bungku pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Akina. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 14 Bungku pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 14 Bungku pada masa pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 14 Bungku dengan jumlah total 16 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ulangan harian siswa materi pecahan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas mengajar guru di SDN 14 Bungku pada masa pandemi covid-19 termasuk dalam kategori sangat baik, terdapat 15 siswa atau 93,75% yang menyatakan kreativitas mengajar guru sangat tinggi dan 1 siswa atau 6,25% yang menyatakan kreativitas mengajar guru tinggi. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V termasuk dalam kategori baik, terdapat 11 siswa atau 68,75% siswa yang hasil belajar matematikanya mendapat predikat baik sekali dan 5 siswa atau 31,25% siswa yang hasil belajar matematikanya mendapatkan predikat baik. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rhitung > rtabel = 0,5151 > 0,4973 pada taraf signifikasi 95% atau ? = 0,05 dan n-2 = 14 (16-2). Nilai koefisien korelasi ini jika diinterpretasikan pada nilai interpretasi koefisien korelasi dapat dikategorikan “sedang” tingkat pengaruhnya. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis (H1) “diterima” dengan demikian ada hubungan kreativitas mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 14 Bungku pada masa pandemic covid-19.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up