Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kelas V SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang
Nama: KOMANG SRI WIRIYANI
Tahun: 2021
Abstrak
Komang Sri Wiriyani, 2020. Pengaruh kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembalajaran IPS Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Kelas V SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rizal. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang yang berjumlah 9 orang yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Untuk menganalisis data digunakan 2 teknik yaitu teknik deskriptif dan teknik inferensial untuk memberi gambaran tentang Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa dalam pembalajaran IPS pada masa pandemi COVID-19 di Kelas V SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang dengan menggunakan presentase persen (%) kemudian dinarasikan untuk mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 9 orang siswa, terdapat 9 siswa atau 99,9% yang menyatakan kompetensi pedagogik guru di SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang Baik. Sedangkan prestasi belajar siswa dari 9 orang siswa, terdapat 9 siswa atau 99,9% yang prestasi belajarnya baik. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS maka dikonsultasikan pada taraf signifikan 5% atau 0,05 (two nail) danga kriteria pengujiannya itu apabila < , maka Ho (hipotesis nol) ditolak dan apabila > maka Ha (hipotesis alternativ) diterima. Berdasarkan data yang ditemukan dalam penelitian ini, bahwa analisis korelasional yang dikonsultasikan pada taraf signifika 5% diperoleh > atau 0,983 > 0,666. Artinya Ha (hipotesis alternativ) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada masa pandemi COVID-19 di Kelas V SDN 015 Kenangan Kecamatan Lariang Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up