JudulImplementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD Inpres Biromaru Kelas V |
Nama: NUR ANISA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Nuranisa, 2021, Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa di SDN Inpres Biromaru Kelas V. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Bapak Arif Firmansyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, serta mengetahui kemampuan mengelola pembelajaran dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada siswa kelas V SDN Inpres Biromaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dimana tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Inpres Biromaru berjumlah 18 siswa. Hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran IPS di kelas V SDN Inpres Biromaru. Hasil belajar siswa dari tindakan siklus I dengan perolehan Ketuntasan belajar klasikal adalah 61,11%. dan Daya serap klasikal adalah 66,11%. dan pada tindakan siklus II menjadi Ketuntasan belajar klasikal adalah 88,88?n Daya serap klasikal adalah 72,33%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I tindakan I mencapai 55,55?n pada tindakan II mencapai 63,88%, pada siklus II terjadi peningkatan pada tindakan I mencapai 75?n pada tindakan II mencapai 86,11%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I tindakan I mencapai 63,88?n pada tindakan II menurun 58,33%, pada siklus II terjadi peningkatan pada tindakan I dengan persentase 86,11?n pada tindakan II mencapai 91,66%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write; Hasil Belajar IPS. |