JudulHUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SD INPRES 3 BOLAPAPU |
Nama: ROSNANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Rosnani (2021). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SD Inpres 3 Bolapapu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Rizal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SD Inpres 3 Bolapapu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Variable dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar sebagai variable bebas sedangkan variable terikat adalah hasil belajar. Teknik pengumpulan data; observasi, angket dan dokumentasi. Berdasakan hasil perhitungan analisis deskriptif motivasi belajar siswa kelas IV SD 3 Bolapapu, terdapat 8 orang siswa atau 80% memiliki motivasi belajar tinggi, 2 orang siswa atau 20 % memiliki motivasi belajar yang sedang dan tidak ada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tidak berhubungan dengan hasil belajar siswa karena siswa yang memiliki motivasi sedang terbukti bisa mendapatkan nilai hasil belajar yang tinggi, dan sebaliknya ada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi tetapi nilai hasil belajarnya sedang. Berdasarkan analisis inferensial, diperoleh rhitung ini dikonsultasikan ke rtabel dengan jumlah sampel penelitian 10 dan taraf kepercayaan maka diperoleh rtabel yaitu 0,021 Sehingga rhitung< rtabel atau 0,021 < 1.81246 berdasarkan data penelitian kualitatif, jika rhitung< rtabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa Ha yang diajukan dalam penelitian ini ditolak, dan Ho diterima atau dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SD 3 Bolapapu. Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar |