JudulHUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN INTI PELAWA |
Nama: SANDI GUNAWAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Sandi Gunawan : Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN Inti Pelawa. Skripsi, program pendidikan Guru sekolah dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal, S.Ag., M.Pd. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN Inti Pelawa. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis uji hipotesis product moment. Metode analisa yang digunakan adalah analisa regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua memiliki korelasi yang signifikan dengan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan perhitungan untuk thitung sebesar 0.453 lebih besar dari ttabel sebesar 0,355, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yaitu tingkat pendidikan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 20,6 ?n sisanya 70,4 % dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Hasil belajar. |