JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SDN LONGGE BAWAH KECAMATAN AMPANA TETE |
Nama: SUTOYO SUGITO |
Tahun: 2019 |
Abstrak Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, memberikan informasi bahwa model pembelajaran yang digunakan merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Siswa Dari hasil penelitian yang dilakukan presentase ketuntasan belajar kasikal pada siklus I hanya mencapai 73,07?ri standar ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan yaitu minimal 80%. Jumlah siswa yang tidak tuntas berjumlah 7 orang dari 26 siswa, ini berarti bahwa hasil yang diperoleh siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Keadaan tersebut dikarenakan pada tes akhir tindakan, ada beberapa siswa yang salah dalam beberapa tes yang diberikan. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mecapai 92,30%. jumlah siswa yang tidak tuntas 2 orang. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa mencapai target yang ditetapkan. Setiap pertemuan pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan peningkatan hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar dengan ketuntasan 46 klasikal mencapai 92,30% serta hasil analisis aktivitas siswa 93,74?ngan kategori sangat baik. |