JudulPeranan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa COVID 19 Di SDN 25 Palu |
Nama: FITRIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru terhadap hasil belajar Siswa dalam Pembelajaran Online pada Masa COVID 19 di SDN 25 Palu. Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, Guru membangkitkan minat siswa dengan cara menyesuaikan topik-topik pelajaran yang diminati siswa. Banyak siswa yang belajar karena ingin memperoleh nilai bagus dalam proses belajar dari rumah yang dilaksanakan secara online. Bagi sebagian siswa nilai dapat menjadi motivasi yang kuat untuk belajar. Kesulitan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yang harus dipahami oleh siswa itu sendiri, guru dan orang tua. Banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar, tetapi mereka bahkan orang tua di rumah tidak mengetahui yang mereka atau anaknya alami. Oleh sebab itu dengan selalu memberikan arahan terhadap siswa dapat mengembangkan minat belajar siswa yang merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan motivasi belajar. Disamping hal-hal positif, guru mengingatkan siswa untuk menemukan hal-hal yang negatif, yang hilang atau yang kurang lengkap. Memberikan pujian yang wajar merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memberikan penghargaan. Hal ini berdasarkan analisis angket bahwa dari 25 siswa yang menyatakan jika guru selalu memberi pujian ketika mendapat nilai bagus, yang menyatakan selalu 20 siswa atau (80%), yang menyatakan sering 5 siswa atau (20%), dan tidak ada siswa yang menjawab kadang-kadang dan tidak pernah. Sebagaimana diutarakan sebelumnya banyak siswa yang belajar karena ingin memperoleh nilai bagus. Bagi sebagian siswa nilai dapat menjadi motivasi yang kuat untuk belajar. |