JudulEfektivitas Pembelajaran Luar Jaringan (Luring) Pada Siswa Kelas 1V SD DDI Palu Di Masa Pandemi Covid 19 |
Nama: SISILAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sisilawati, 2021. Efektifitas Pembelajaran Luring Pada Siswa Kelas IV SD DDI Palu Di Masa Pandemi Covid 19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan dan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pembelajaran Luring Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD DDI Palu. Jenis penelitian dalam Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD DDI Palu Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Dari hasil penelitian Peran pembelajaran Luring terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD DDI Palu berlangsung cukup efektif. Guru melakukan proses yaitu perencanaan (RPP, smartphone, buku dan media lainnya), pelaksanaan (penyampaian materi tanya jawab dan pemberian tugas), dan valuasi (memeriksa tugas yang dikumpulkan siswa dan menuliskannya di laporan). Problematika yang dialami guru dalam pelaksanaan kelas Luring selama masa pandemi covid-19 pada siswa kelas IV SD DDI Palu adalah keterbatasan fasilitas dan pengetahuan mengenai teknologi, membuat pembelajaran Luring, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran menyebabkan siswa kurang disiplin, keluhan siswa mengenai tugas yang sangat menumpuk. Kata Kunci : Pembelajaran Luring, Pandemi Covid 19 |