Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERANAN GURU TERHADAP PROSES BELAJAR DISEKOLAH DIMASA PANDEMI COVID PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES 1 AMPIBABO
Nama: DEVI
Tahun: 2022
Abstrak
Devi,2017.Peranan Guru Terhadap Proses Belajar di Sekolah di Masa Pandemi Covid 19 pada siswa V di SD Inpres 1 Ampibabo. Skripsi Program Studi Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rizal. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Proses Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Guru Terhadap Proses Belajar di Sekolah di masa pandemic covid 19, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi profesional guru dalam Proses Belajar di Sekolah.. Metode penelitian ini adalah penelitiandeskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V dan Guru kelas SD Inpres 1 Ampibabo. Penentuan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling,adapun sampel yang diteliti yaitu 13?ri jumlah populasi yang terdiri dari 30 siwa dan 6 orang guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Kompetensi profesional guru SD Inpres 1 Ampibabo sudah baik dan proses pembelajaran telah terlaksana dengan baik dan lancar, keadaan tersebut berpengaruh pada minat belajar siswa. Kemudian data yang diperoleh dari angket siswa dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan tabel-tabel persentase. Dari hasil pengolahan data angket siswa tentang minat belajar dapat digambarkan bahwa 33,34% siswa menyatakan sangat baik, 51% siswa menyatakan baik, 9,33% siswa menyatakan cukup baik, dan 6,33% siswa menyatakan kurang baik. Kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran telah didukung oleh beberapa faktor antara lain keadaan siswa, sarana dan prasarana sekolah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up