JudulANALISIS KESALAHAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS V SD NEGERI MALEWA |
Nama: AGNES GRASELA BESU |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Agnes Grasela Besu 2020. Analisis Kesalahan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas V SD Negeri Malewa. Hasil, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Akina. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat serta untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif berdasarkan langkah-langkah polya. Subjek dalam penelitian ini seluruh kelas V yang berjumlah 3 siswa, dan teknik pengambilan sampel adalah menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk soal cerita operasi hitung bilangan bulat yan terdiri dari 5 soal. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) kesalahan memahami masalah yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, (2) kesalahan membuat rencana yaitu siswa tidak menentukan strategi serta cara yang akan digunakan untuk membuat solusi penyelesaian masalah, (3) Kesalahan melaksanakan rencana yaitu siswa tidak menuliskan dengan benar langkah-langkah atau prosedur pengerjaan dalam menyelesaikan masalah, (4) kesalahan dalam memeriksa kembali yaitu siswa salah dalam melihat (mengecek) kembali hasil yang diperoleh. Faktor penyebab kesalahan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat adalah (1) siswa terburu-buru, (2) takut kekurangan waktu, (3)siswa tersebut tidak mampu menyelesaikan soal tersebut, (4)siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal cerita, (5) suasana yang kurang kondusif. Kata kunci : Analisis kesalahan, soal cerita operasi hitung bilangan bulat, polya |